Jumat, 18 November 2011

Tugas Softskill Tentang Referensi Film Yang Menyangkut Masalah Sosial


Nama: Vincent
Kelas: 1KA22
NPM: 17111286

BLOOD DIAMOND
Film ini bertempat di sebuah daerah terpencil di Afrika,krisis ekonomi yang melanda membuat orang-orang di daerah tsb memberontak kepada pemerintah yang melarang mereka berdagang berlian(alat penghasilan utama di daerah tsb). Akibat pelarangan tsb maka peperangan di tempat tsb tidak dapat dihindarkan lagi. Setiap kali ada orang yang ketahuan menyelundupkan/menyimpan berlian yang di temukan oleh masyarakat di sekitar daerah itu,maka pihak pemerintah tidak segan-segan untuk memenjarakan mereka.
Pada tahun 1999 seorang nelayan Salomon Vandy (Djimon Hounsou) ditangkap oleh sekelompok orang yang membentuk sebuah organisasi untuk memberontak, Front Revolusioner Serikat (RUF),karena memberontak saat serangan dan pembantaian di desanya Shenge, Sierra Leone. Para pemberontak menempatkan dia untuk bekerja sebagai penambang di ladang berlian di bawah komando panglima perang Kapten Poison (David Harewood), sementara putra-Nya Dia Vandy (Kagiso Kuypers) dimasukkan ke dalam RUF dan dicuci otak untuk menjadi seorang yang keras kepala, berdarah dingin, pembunuh.
Saat siang hari semua orang sedang menambang berlian di tambang berlian,Solomon Vandy menemukan sebuah berlian pink yang besar,dan ia pun coba menyembunyikannya di dalam tanah,tapi hal itu di ketahui oleh Kapten Poison dan pada bersamaan pemerintah datang menyerbu dan menangkap orang-orang yang sedang bekerja tsb,termasuk salah satunya Solomon Vandy yang di tangkap.
Sementara itu, Danny Archer (Leonardo DiCaprio),seorang kulit putih mencoba menyelundupkan berlian ke Liberia,dan pada saat memasuki perbatasan,dia di tangkap oleh para penjaga di perbatasan tsb,dan dia pun di bawa ke penjara. Di penjara dia bertemu Solomon Vandy dan mengetahui tentang berlian pink tsb,dan ia mengatakan bahwa berlian tsb bisa cukup untuk membiayai kehidupan orang di Afrika selama seumur hidup.
Cerita berlanjut dimana Solomon Vandy bersama Danny Archer mencoba untuk membebaskan anaknya Dia Vandy yang telah bergabung ke dalam RUF,di situ mereka bertemu Kapten Poison,maka pertikaian antara mereka yang memperebutkan berlian pink tsb tidak dapat terhindarkan lagi,mereka terlibat kejar-kejaran sambil saling tembak sampai ke atas tebing. Dan yang pada akhirnya di atas tebing tsb Danny Archer tertembak pada saat ingin menyelamatkan Solomon dan anaknya. Padas saat ajal Danny Archer akan tiba,ia mengatakan kepada Solomon untuk menemui seorang wanita bernama Maddy Bowen (Jennifer Connelly),dan mengatakan untuk membawa berlian pink tsb ke kota besar di amerika,disana Solomon menjual berlian pink tersebut kepada seorang kolektor kaya dengan uang yang cukup untuk membiayai kehidupannya selama seumur hidup.
Demikian sinopsis tentang film Blood Diamond yang merupakan film yang menyangkut masalah sosial ekonomi.
                         
                                                                                                                                    By:Vincent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar