Selasa, 30 April 2013

Resume Masalah Ekonomi


Resume Masalah Ekonomi




Permasalahan ekonomi sangat sering terjadi disekitar kita bahkan pasti pernah dialami oleh semua orang. Masalah ekonomi yang pernah kita alami sebagai contoh nya adalah “bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan hidup kita”

Masalah ekonomi adalah masalah yang berkenaan dengan ekonomi itu sendiri. Sedangkan masalah perekonomian adalah masalah yang lekat kaitannya dengan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari aktivitas jual beli, tawar menawar atau ekaspor/impor

Ekonomi pada suatu bangsa ialah hal yang sangat vital, karena bangsa yang memiliki perekonomian yang kuat dapat dipastiakn dapat mendukung dan memajukan bidang-bidang yang lain, seperti bidang pendidikan, social budaya, pemerintahan dan aspek-aspek yang lainpun akan ikut menjadi kuat pula. Namun sebaliknya, jika perekonomian suatu bangsa itu lemah maka dapat dipastikan bahwa bidang-bidang dan aspek-aspek yang lain juga akan terkena dampaknya.

Tujuan kebijakan ekonomi :
a.       Efisiensi :Produk bisa dibuat banyak barang dan biaya prokuksi murah
b.      Pertumbuhan ekonomi : ilihat dari total produksi nasional
c.       Stabilitas ekonomi
d.      Pemerataan

Banyak ahli yang menjelaskan tentang permasalahan ekonomi berawal dari kemiskinan, salah satunya Adam Smith yang menjelaskan secara sederhana bahwa inti dari kemiskinan  terdiri dari:
1.    Kurangnya pendidikan
2.       Sempitnya lapangan kerja
3.       Angka lahir lebih tinggi
4.       Penghasilan rendah


Terdapat beberapa cara menanggulangi kemiskinan:
1. Pemberian hak penggunaan tanah bagi rakyat miskin
2. Menyediakan lebih banyak lagi dana untuk daerah – daerah miskin
3. Peningkatan kualitas pendidikan
4. Perbaikan tingkat kesehatan agar menjadi lebih baik
5. Penanggulangan pengangguran
6. Pemerataan jumlah penduduk
7. Penanggulangan inflasi

Teori –Teori yang menjelaskan permasalahan Ekonomi

Teori-teori mulai muncul untuk mencoba mengidentifikasi maslah ekonomi apakah yang sebenarnya yang dihadapi manusia di muka bumi ini. Secara umum ada dua buah teori umum yang mencoba untuk menjelaskan permasalahan yang ada dalam ekonomi, yaitu pokok masalah ekonomi secara klasik dan modern.

1.  Pokok Masalah Ekonomi Klasik
Pokok maslaah ekonomi klaskik merupakan bahasan teori ekonomi klasik. Teori ini berdasarkan pemikiran Adam smith, David Ricardo, dan Jhon Stuart Mill yang mendominasi pemikiran ekonomi sampai tahun 1870-an. Teori ekonomi klasik melihat pentingnya  masalah ekonomi sebagai kesatuan dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi untuk kesejahteraan (kemakmuran), dalam hal ini amat menekankan kekuatan pasar sehingga menolak campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
Masalah ekonomi klasik adalah ekonomi yang dilihat dari sudut pandang sederhana. Pada dasarrnya pemikiran ini bertujuan pada satu hal, yaitu kemakmuran. Pemecahan masalah ini adalah dengan melakukan apapun yang dianggap perlu agar kemakmuran dpat dicapai. Yang disebut sebagai kemakmuran adalah situasi dimana semua barang dan jasa yang dibutuhkan manusia telah tersedia.
a.  Masalah Produksi
Permasalahan produksi adalah permasalahan bagaimana memproduksi semua benda (barang dan jasa) yang dibutuhkan masyarakat banyak.

b.  Masalah distribusi
Masalah distribusi terletak pada bagamana supaya benda-benda pemuas kebutuhan bisa sampai ke tangan konsusmen yang membutuhkannya. Seperti yang telah diketahui , barang dan jasa yang tidak sampai ke tangan konsumen yang tepat, tidak ada nilai gunanya, dan tidak dpaat memuasakan kebutuhan.

c.  Masalah Konsumsi
Masalah konsumsi menyangkut  masalah apakah benda pemuas kebutuahn yang diproduksi memang benda  yang dapat dimiliki oleh konsumen. Barang  yang diproduksi haruslah barang yang tepat, yaitu barang yang memang dibutuhkan, diinginkan, dan mampu dibeli oleh konsumen.


2.   Pokok Masalah Ekonomi Modern
Pokok permaslaaan ekonomi modern terangkum dalam dua kata kunci, kelangkaan dan pilihan. Yang pertama menjadi penyebab yang kedua sehingga muncul empat pertanyaan mendasar tentang what, how, who, dan for whom tersebut. Walaupun setiap masyarakat menghadapi pertanyaan yang sama, namun cara mengatasinya berbeda. Perbedaan cara ini lah yang melahirkan sejumlah sistem ekonomi.
Kita dapat mendefinisikan empat maslaah fundamental perekonomian yang dihadapi setiap masyarakat di era modern.
a.   Apa (What) Barang dan jasa apa saja yang akan  diproduksi dan dalam jumlah berat harus ditentukan.
b.  Bagaimana (How) Dengan cara bagamana proses produksi akan dilakukan
c.   Siapa pelalu Produksi (Who) Pertimbangan mengenai pelaku produksi merupakan hal yang penting  karena setiap pihak memiliki kelebihan untuk memproduksi lebih baik.
d.  Untuk siapa (For Whom)Untuk siapa (for whom) barang di produksi apakah untuk segmen pasar tertentu, atau  masyarakat umum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar